Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-04-30 | Waktu : 15:05:00
Bedah Undang-Undang no. 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Medan, 27 April 2017. Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra, MA Hadir menjadi Salah Satu Narasumber pada talkshow Bedah Undang-Undang no. 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, dengan tema Pengawasan Pemerintah Terhadap Aplikasi UU Perlindungan Konsumen.

Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra Bila menyampaikan bahwa hukum perlindungan konsumen yang terdapat pada UU. RI No. 8 Tahun 1999 (UUPK) adalah sebagai jawaban atas pembangunan dan perkembangan perekonomian dewasa ini. Konsumen sebagai motor penggerak dalam perekonomian kerap kali berada dalam posisi lemah atau tidak seimbang bila dibandingkan dengan pelaku usaha dan hanya menjadi alat dalam aktivitas bisnis untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya oleh pelaku usaha.

Pembangunan perekonomian nasional pada era globalisasi harus dapat mendukung, tumbuhnya dunia usaha sehingga mampu menghasilkan beraneka barang dan / atau jasa yang memiliki kandungan teknologi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat banyak dan sekaligus mendapatkan kepastian atas barang dan / atau jasa yang diperoleh dari perdagangan tanpa mengakibatkan kerugian konsumen, ujar Dr. Andri Soemitra

Semakin terbukanya pasar nasional sebagai akibat dari proses globilisasi ekonomi harus tetap menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kepastian atas mutu, jumlah, dan keamanan barang dan/atau jasa yang diperolehnya di pasar. Serta untuk meningkatkan harkat dan martabat konsumen perlu meningkatkan kesadaran, pengetahuan, kepedulian, kemampuan dan kemandirian konsumen untuk melindungi dirinya serta menumbuhkembangkan sikap pelaku usaha yang bertanggungjawab, ujar Dr. Andri Soemitra.

Acara talkshow ini juga dihadiri oleh pemateri lain diantaranya (H. M Dharma Bakti Nasution Kepala BPSK Medan) , Dr. Zulham, M.HUM (Dekan Fasyh UIN SU ), Dr. Syukri Albani Nasution (Wakil Dekan III Fasyh UIN SU), Moderator oleh Fuji Bako,SH

Kegiatan ini disponsori oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Penerbit Rajawali , Forum Mahasiswa Sungai Kanan (Formasuka).