Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-02-01 | Waktu : 18:09:20
Diklat Ekonomi Islam" Oleh KSEI IQEB

Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Intellegence and Qolbu-Based of Economic Banking (IQEB) sukses menyelenggarakan seminar Ekonomi Islam di Aula Fakultas Syariah UIN Sumatera Utara, Selasa (16/01/2018).

Acara yang sekaligus Open Recruitment ini mengambil tema "Merajut Ukhuwah Dalam Semangat Juang Membagun Ekonomi Syariah".

Dekan FEBI UIN Sumut Dr. Andri Soemitra, MA yang membuka acara sangat mengapresiasi kegiatan ini dalam melanjutkan estafet generasi ekonomi syariah.

Adapun para pemateri dalam kegiatan ini adalah pemateri pertama Kandidat Doktor Dr. Sugianto,  MA (Ketua Jurusan Perbankan Syariah),  pemateri kedua Sunarji Harahap,  M.M. Dosen FEBI (Penulis Aktif Harian Waspada),  dan pemateri ketiga, Ahmad Fauzi.

Dalam penyampaiannya Sugianto, MA, menyampaikan perlunya ukhuwah dalam berbagai aktivitas khususnya aktivitas ekonomi.

"Saya jadi Ketua jurusan karena adanya ukhuwah di antara kita semua, begitu sebaliknya kemajuan ekonomi syariah ini tentunya adanya ukhuwah kebersamaan dari kita semua agar menjadi pejuang ekonomi syariah," ujarnya.

Sementara itu, Sunarji Harahap, M.M. menyampaikan bahwa sebagai agama yang rahmatan lil alamin, Islam mengatur dan memberikan petunjuk kepada manusia di berbagai sektor kehidupan yang ada. Salah satunya adalah sektor ekonomi. Hal ini terdapat pada surat Al Baqarah ayat 275 "Allah Menghalalkan Jual Beli dan Mengharamkan Riba". Peran ekonomi syariah begitu terasa bagi pemerintah diantaranya adanya pemakaian dana haji (80 triliyun) yang digunakan untuk membangun infrastruktur pemerintah, ujar Sunarji Harahap