Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-07-24 | Waktu : 11:09:39
Pelepasan KKN Integratif UIN SU

Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S ,M.SI diwakili Kadis Pendidikan, Drs. Hasan Basri menyambut dan melepas sebanyak 430 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) yang dilakukan secara simbolis di Ruang Rapat II, Kantor Wali Kota Medan, Senin (23/07).

Diharapkan KKN ini menjadi kesempatan mahasiswa berinteraksi langsung dengan lingkungan sosial di masyarakat. Para mahasiswa UINSU yang akan melakukan KKN ini didampingi oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINSU Dr. Andri Soemitra, MA dan Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINSU Dr. Nurlaila Harahap. Pelepasan ini ditandai dengan penyematan Topi oleh Kadis Pendidikan Kota Medan kepada Mahasiswa/Mahasiswi UINSU.

Dikatakan Wali Kota dalam sambutan yang dibacakan Hasan Basri, KKN merupakan bagian dari Penyelenggaraan pendidikan dalam bentuk kegiatan pengalaman berbagi ilmu namun sekaligus menimba ilmu, teknologi dan seni oleh mahasiswa kepada masyarakat. Artinya KKN dilaksanakan secara melembaga dan terstruktur sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum pendidikan tinggi yang wajib diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi yang mewajibkan. KKN ini tentunya akan menjadi kesempatan bagi mahasiswa berinteraksi langsung dengan lingkungan sosial di masyarakat. Untuk itu para mahasiswa selama pelaksanaan KKN nantinya harus mampu menjaga citra UINSU sebagai Perguruan Tinggi berlandaskan nilai-nilai agama Islam yang kua", jelasnya. Menurut Wali Kota Medan, Kesempatan KKN ini harus dimanfaatkan mahasiswa untuk mengenal persoalan masyarakat. Artinya mahasiswa perlu menelaah dan merumuskan masalah yang dihadapi masyarakat serta memberikan alternatif pemecahannya, kemudian membantu memecahkan dan menanggulangi masalah tersebut.

Melalui KKN ini mahasiswa dapat menumbuhkan rasa kepedulian sosial dan sikap Empati, sehingga akan membentuk kepribadian mahasiswa yang tangguh sebagai agen perubahan yang akan membangun Indonesia di masa mendatang", ungkap Hasan Basri. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINSU, Dr Andri Soemitra, MA yang mendampingi dan mengantar mahasiswa ini mengatakan tahun 2018 ini UINSU melepas mahasiswa untuk KKN di Kota Medan sebanyak 430 mahasiswa dari Seluruh Fakultas yang ada di UINSU diantaranya Fakultas dakwah, Fakultas Ekonomi Bisnis , Fakultas kesehatan masyarakat dan Fakultas sains. Mereka nantinya akan dibagi menjadi 25 kelompok dan akan melakukan KKN di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Medan Belawan, Kecamatan Medan Labuhan dan Kecamatan Medan Marelan. KKN ini bertujuan agar Mahasiswa bisa belajar langsung dari realitas di masyarakat, sehingga waktu tamat nanti dapat memberikan kontribusi kepada kota Medan dan warganya", jelasnya.(Sumber Berita : Dinas Kominfo Kota Medan).