Sosialisasi Penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR)

Sosialisasi Penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Hibah Penelitian Indonesia Tobacco Control Research Network (ITCRN) 2023 dengan Tema “Pengaruh Content Marketing Rokok Terhadap Perilaku Merokok Mahasiswa di Medan: Pendekatan PLS-SEM” dilaksanakan pada Kamis, 30 November 2023 di Ruang Sidang Sutomo FEBI UIN Sumatera Utara Medan telah terlaksana.

Dekan FEBI UIN Sumatera Utara Medan; Prof. Dr. M. Syukri Albani Nasution, M.A dalam sabutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada peneliti yakni Ibu Dr. Juliana Nasution, M.E, Ibu Maryam Batubara, M.A, Ph.D, dan Bapak Muhammad Idris Nasution, M.E. Dekan FEBI turut mendukung penuh kegiatan ini terlaksana dengan baik, optimal, dan berkelanjutan.

“Saya mengucapkan selamat kepada Ibu Juliana, Ibu Maryam, dan Pak Idris, semoga Kawasan Tanpa Rokok terimplementasi secara baik, optimal, dan berkelanjutan di kampus UIN Sumatera Utara Medan berbasis Smart Islamic University, sebab ini memang bagian dari program pemerintah secara nasional,” Ungkap Dekan FEBI.

Peneliti menguatkan bahwa Kawasan Tanpa Rokok akan terlaksana secara optimal apabila kebijakan pelarangan total iklan dan promosi rokok mencakup pengendalian konten marketing di media sosial menjadi kunci utama yang wajib diimplementasikan.

Peneliti juga mengungkapkan bahwa pemerintah dan legislatif perlu segera memperbaharui peraturannya. Kementerian Informasi dan Komunikasi RI disarankan untuk menangani dan mengorganisir konten marketing rokok yang lebih kreatif saat ini dapat saja dilakukan dengan pembatasan akses terhadap usia tertentu, waktu tertentu, atau pemblokiran konten-konten tertentu terkait rokok.

Peneliti menyarankan bahwa kampus dapat melahirkan kebijakan terkait pembatasan rokok. Hasil penelitian Seo, et al. (2011) terhadap tiga ribuan mahasiswa menyimpulkan bahwa implementasi kebijakan kampus bebas asap rokok dapat menjadi intervensi yang efektif untuk mengurangi penggunaan tembakau di kalangan mahasiswa.