TELA’AH PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI
Penulis : Abdul Aziz, M. Pd. I
Harga : Rp. 65.000,-
ISBN :
Jumlah Halaman : 190 Hal.
Pemesanan Hubungi :
Fauzi Ispana (0821 6800 6353)
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi dan bahan pelajaran serta bahan yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Secara konseptual kurikulum secara garis besar mempunyai tiga ranah, yaitu: kurikulum sebagai bidang studi, kurikulum sebagai substansi (rencana pengajaran), dan kurikulum sebagai suatu sistem. Pengembangan kurikulum merupakan suatu proses yang menyeluruh sebagai bentuk kebijakan nasional dalam pendidikan yang disesuaikan dengan visi, misi dan strategi yang dimiliki dari pendidikan nasional. Proses pengembangan kurikulum mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi.
Dalam teori pendidikan terdapat teori yang menjelaskan bagaimana tahapan-tahapan dalam pengembangan kurikulum. Pengembangan kurikulum khususnya dalam kurikulum PAI dengan materi-materi dan metode-metode pendidikan Islam yang dimuat dalam kurikulum, untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan budaya, perlu ditinjau untuk disesuaikan dengan semangat pengembangan budaya dan ajaran-ajaran Islam yang menyangkut berbagai aspek kebutuhan seperti: ekonomi, teknologi, sosial, dan lain-lainnya. Sementara yang tampak dilakukan oleh sekelompok umat adalah mengupayakan untuk menjadikan proses pengetahuan, ilmu, ketrampilan dan nilai-nilai kebudayaan Barat untuk menjadi bagian utama dari kurikulum pendidikan Islam, tanpa memandang perlu untuk melakukan proses internalisasi yang lebih dalam dari sisi ajaran-ajaran Islam