EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM

Penulis : Abdul Azis, M. Pd. I,  Nurul Hidayah, M. Pd. I dan Yulia Warda, M. Hum

Harga : Rp. 50.000,-

ISBN : 

Jumlah Halaman : 88 Hal.

Pemesanan Hubungi : 

Fauzi Ispana (0821 6800 6353)

Evaluasi dalam pengertiannya mempunyai defenisi dari segi kebahasaan yaitu evaluation dalam bahasa inggris, yang dalam bahasa Arab diistilahkan dengan taqyim atau taqwim yang berasal dari kata al-Qimah yang berarti nilai (value). Jadi, secara harfiah evaluasi pendidikan yang disebut taqwim al-tarbiyah, dapat diterjemahkan sebagai penilaian dalam bidang kependidikan, atau penilaian terhadap kegiatan belajar mengajar. Pokok evaluasi bukanlah sekedar siswa, melainkan seluruh penyelenggara pendidikan, mulai dari pendidik, kurikulum, sarana dan prasarana, metode pembelajaran, alat, media dan seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan proses belajar mengajar.

 

Dalam Islam evaluasi dijelaskan dalam Al-Qur’an, banyak ayat-ayat yang berhubungan dengan evaluasi terhadap manusia dengan berbagai tujuan. Hal ini menunjukkan bahwa penilaian/evaluasi yang Allah Swt lakukan terhadap manusia merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan oleh manusia itu sendiri, supaya manusia menyadari bahwa seluruh amal perbuatan itu pasti dievaluasi oleh sang Pencipta. Dalam buku ini akan dimuat tentang hakikat evaluasi, dalil naqli tentang evaluasi, tes sebagai alat evaluasi, portofolio sebagai evaluasi non tes, penilaian beracuan patokan dan norma, penilaian berbasis kelas, validitas dan reliabilitas tes, dan analisis item soal. Pokok pembahasan ini diharap mampu dipahami dan dapat diwujudkan dalam pelaksanaanya dalam bidang pendidikan.