Arsip Agenda -> Agenda

Agenda

Tanggal : 2016-07-21 | Waktu : 15:39:37
Apel Serah Terima Mahasiswa KKN FEBI UIN SU di Aula Kantor Bupati Asahan

Medan, 19 Juli 2016. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menerima kunjungan mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FEBI-UINSU) untuk melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di tiga Kecamatan di Asahan.di 13 Desa

Kunjungan mahasiswa langsung diterima oleh Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc di aula Melati Pemkab Asahan, Kehadairan mahasiswa dalam melakukan KKN di Kecamatan Tinggi Raja, Setia Janji dan Buntu Pane diharapkan dapat melakukan proses transfer ilmu pengetahuan dan ketrampilan kepada masyarakat setempat.

“ Berikan ilmu sesuai dengan disiplin ilmu yang didapat dari Kampus kepada masyarakat sehingga akan mendapatkan manfaat bagi masyarakat,” demikian kata Surya saat memberikan arahan kepada mahasiswa UINSU, sembari mengucapkan selamat datang di Kabupaten Asahan.

Pelaksanaan KKN para mahasiswa,kata Wakil Bupati merupakan salah satu kegiatan untuk merekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Wakil Bupati  juga meminta kepada mahasiswa yang mengikuti KKN untuk mengikuti KKN dengan baik, jangan sampai keluar dari koridor aturan dengan senantiasa memperhatikan rambu-rambu yang telah ditetapkan pihak kampus serta selalu berkoordinasi dengan pihak pemerintah setempat.

Selain itu Wakil Bupati Asahan juga mengeasakan kepada mahasiswa untuk tidak ikut-ikutan mendukung mensukseskan salah satu calon kepala Desa. Sebab dari 21 Desa lokasi KKN, terdapat 13 Desa yang akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa serentak yang digelar pada 24 Agustus 2016.

Kepada Camat dan Kepala Desa, Wakil Berharap berharap KKN mahasiswa harus terus dimonitor dan membantu tugas-tugas yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama KKN sehingga dapat diselesaikan dengan baik sesuai harapan yang dituju. “ Selamat berkerja, semoga KKN dapat diselesaikan dengan baik sebagai wujud nyata pengabdian, pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat,” sebut Wakil Bupati Asahan.

KKN yang dilakukan oleh mahasiswa UINSU direncanakan mulai 19 Juli hingga 18 agustus 2016. Mahasiswa yang mengikuti KKN sebanyak 339 mahasiswa.

Ketua Panitia KKN Dr. H. Muhammad Yafiz, MA juga menyampaikan terima kasih segenap Jajaran di Pemkab Asahan yang telah menerima Mahasiswa KKN FEBI UIN SU, Semoga terjalin kerjasama yang baik antara FEBI UIN SU dengan Pemkab Asahan secara berkesinambungan. Dalam penyerahan mahasiswa KKN tersebut, Dr, H, Muhammad Yafiz, M.Ag juga berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk dapat melaksanakan kegiatan KKN dengan sebaik-baiknya. Sebab banyak sekali hal yang dapat dilakukan dengan cara kebersamaan, walaupun memang tidak membawa materi yang cukup banyak, namun ide gagasan dan pengabdian yang tulus akan dapat menjadi modal dalam suksesnya program kerja yang telah direncanakan. “Jangan segan-segan untuk bertanya kepada siapa saja apabila tidak mengetahui suatu hal.

kegiatan KKN ini bertemakan Membangun Masyarakat Asahan yang Religius dan Sejahtera Melalui Implementasi Ekonomi Syariah. Dengan tema tersebut diharapkan para mahasiswa KKN FEBI UIN SU agar dapat turut berpartisipasi dalam  membangun desa desa yang bersangkutan.

Selain itu, Dr. H. Muhammad Yafiz, M.Ag juga meminta kepada Segenap Perangkat Kecamatan / Desa agar tidak segan-segan menegur atau pun melaporkan kepada pihak Kampus apabila suatu hari nanti ada mahasiswanya yang melakukan tindakan tidak baik atau tidak sesuai dengan tata tertib desa setempat selama menjalankan KKN.