Arsip Agenda -> Agenda

Agenda

Tanggal : 2016-09-07 | Waktu : 21:12:29
Kata Sambutan Plt. Dekan FEBI UIN SU (Dr. Hj. Chuzaimah Batubara, M.Ag) Dalam Kegiatan Orientasi Budaya Akademik (OBAK) Mahasiswa Baru 2016

Medan. 30 Agustus 2016. FEBI UIN SU Sukses Menyelenggarakan Orientasi Budaya Akademik (OBAK) Mahasiswa Baru 2016. Plt. Dekan FEBI (Dr. Hj. Chuzaimah Batubara, M.Ag)  secara resmi membuka kegiatan Orientasi Budaya Akademik  (OBAK) bagi mahasiswa baru di Halaman FEBI UIN SU. Melalui kata Sambutan Plt. Dekan FEBI (Dr. Hj. Chuzaimah Batubara, M.Ag)  menyampaikan  Selamat Datang Mahasiswa Baru.  Kegiatan Penyambutan mahasiswa baru saat ini dinamakan dengan OBAK OBAK mahasiswa baru dilaksanakan  selama 1 hari  bertempat di Aula Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dan Gedung FEBI UIN SU, mengingat jumlah mahasiswa FEBI yang setiap tahunnya mengalami peningkatan . Tahun ini Jumlah Mahasiswa yang mengikuti OBAK sebanyak 1000 orang. Kegiatan ini bertemakan Mewujudkan Mahasiswa FEBI yang Cerdas Hati dan Cerdas Pikiran.

Plt. Dekan FEBI (Dr. Hj. Chuzaimah Batubara, M.Ag) berharap mahasiswa baru dapat mengenal budaya akademik dengan baik, memahami kode etik mahasiswa, dan memiliki semangat belajar selama menempuh pendidikan di kampus. “Kalian merupakan mahasiswa terbaik yang berhasil lulus masuk UIN Sumatera Utara  dari puluhan ribu calon mahasiswa lain. Karena itu manfaatkanlah waktu dan fasilitas belajar dengan sebaik-baiknya agar berhasil menyelesaikan studi tepat waktu.

 

Kegiatan OBAK diikuti oleh sekitar 1.000 mahasiswa baru yang berasal dari  5 program studi. Selain mengenalkan budaya akademik di kampus, Budaya akademis yang dikenalkan misalnya tentang spirit keilmuan wahyu memandu ilmu yang merupakan jargon keilmuan UIN SU, otonomi keilmuan, kebebasan berpikir akademik, kemandirian dalam belajar (membaca, meneliti, dan menulis secara terprogram) dan mengasah daya nalar logis dan objektif, berdiskusi, cara memburu referensi aktual dan mutakhir dan aktivitas lain yang dapat menunjang kemampuan akademik mahasiswa. Budaya agamis yang dikenalkan misalnya adab mengucapkan salam saat bertegur sapa dengan sesama mahasiswa, bertemu dosen dan tenaga administrasi bahkan tamu  kampu, berkata jujur, kerja keras dan ikhlas dalam menuntut ilmu, serta aktivitas lainnya yang dapat menunjang pembentukkan akhlak karimah.