Arsip Agenda -> Agenda

Agenda

Tanggal : 2016-03-14 | Waktu : 18:49:41
Workshop Kepemimpinan Mahasiswa Bersama Dr. Muhammad Yafiz, M.Ag (Wakil Dekan I FEBI UIN SU)

Medan, 12 Maret 2016. Workshop kepemimpinan mahasiswa dalam berkreativitas dan berinovasi untuk menghasilkan karya bagi bangsa, Dalam paparan materi yang disampaikan oleh Bapak DR. Muhammad Yafiz, M.Ag  (Wakil Dekan I FEBI UIN SU) beberapa materi kepemimpinan saat ini yang harus dimiliki mahasiswa  seperti etika politik berbangsa dan bernegara, mengubah tantangan menjadi peluang, universitas dan penciptaan pemikir, decision making and problem solving, dan integrasi kecerdasan intelektual(IQ) dan kecerdasan emosional(EQ).

Dalam era yang serba materialistis dewasa ini senjata yang paling penting untuk dikuasai oleh calon-calon pemimpin adalah adanya konsistensi sikap hidup yang senantiasa diorientasikan pada pengabdian terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai transendental Ketuhanan. workshop kepemimpinan ini, secara formal dan substansial para mahasiswa adalah bagaimana mengimplementasikan semua materi yang telah disampaikan tersebut secara nyata dalam aktivitas keseharian, baik dalam kapasitas sebagai mahasiswa maupun sebagai warga masyarakat, sehingga keberadaan anda sekalian ini di tengah masyarakat benar-benar dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan kualitas kehidupan sosial di manapun anda berada, di sinilah letak dari hakikat kepemimpinan yang akuntabel dan sejati. Workshop kepemimpinan ini diharapkan menghasilkan output generasi emas yang mampu membawa FEBI UIN SU semakin bergaung di tingkat nasional dan internasional.

Workshop kepemimpinan yang terselenggara oleh Pokja Kemahasiswa UIN SU di Aula Pusat Pengembangan Bahasa Arab –UIN SU. .Dalam salah satu materi kepemimpinan berjudul "Decision Making and Problem Solving",DR. Muhammadd Yafiz, M.Ag menyampaikan langkah-langkah untuk membuat keputusan yang rasional adalah:

  1. Define the problem (Menentukan masalah)
  2. Identify the Decision Criteria (Mengidentifikasi kriteria keputusan)
  3. Allocate Weights to The Criteria (Mengalokasikan bobot pada kriteria)
  4. Develop the Alternatives (Membangun alternatif-alternatif)
  5. Evaluate the Alternatives (Mengevaluasi alternatif-alternatif)
  6. Select the Best Alternative (Memilih alternatif terbaik)