Arsip Agenda -> Agenda

Agenda

Tanggal : 2016-03-28 | Waktu : 18:22:47
Kata Sambutan dari Wakil Dekan I FEBI UIN SU , Dr. Muhammad Yafiz, M.Ag pada Kegiatan Pelatihan Psycho Test dan Persiapan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Program D3 Perbankan Syariah di Hotel INNA DHARMA DELI, 25 MARET 2016

Medan, 25 Maret 2016, Program D3 Perbankan Syariah melaksanakan kegiatan Pelatihan Pemahaman Psycho Tes dan Persiapan Menghadapi Dunia Kerja bertempat di Hotel INNA Dharma Deli. Rangkaian kegiatan ini dibuka oleh Dr. Muhammad Yafiz selaku Wakil Dekan I FEBI UIN SU menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa agar mampu mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja yang serba persaingan global saat ini yang dinamakan Masyarakat Ekonomi Asean. Hadir sebagai pembicara dalam materi disampaikan oleh 1. Fauzi Apriansyah, S.PSI. , 2. Imam Ratrioso, PSI, 3. Ricky Ariansyah, PSI. Begitu juga hal disampaikan oleh Ketua Jurusan D3 Perbankan Syariah Zuhrinal M. Nawawi, MA menyampaikan bahwa acara ini menjadi tolak ukur kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang tidak hanya dituntut hanya sekedar mendapatkan ijazah belaka tapi harus mengutamakan lebih pada kompetensi dan keterampilan.

Psikotes bukanlah barang aneh, psikotes memiliki kepentingan yang spesifik dan educated seperti yang sudah dijelaskan beberapa diantaranya itu. Psikotes bukan alat untuk "menyingkirkan" kandidat yang tidak diinginkan bahkan untuk sarana "berlindung" bagi penyelenggara/tester. Psikotes bisa anda pelajari secara realistis konsisten dan educated. Psikotes sudah menjadi standar yang lazim untuk mengintepretasikan dan memetakan kompetensi akademik dan psikis, karena dalam dunia kerja keduanya dibutuhkan secara simultan tanpa membuatnya dis-harmonies maupun miss-orientasi.

Persiapan Yang Dilakukan Sebelum Mengikuti Psikotes (Faktor Edukatif, Mental dan Fisik)

1. Memperbanyak latihan berbagai bentuk tes, jenis soal-soal, dan ragam pemetaan tes pada beberapa bidang kerja spesifik. Tujuannya adalah supaya anda lebih mantap dan percaya diri namun tidak berlebihan. Semakin anda percaya diri maka anda akan semakin tenang, semakin anda tenang maka anda mudah belajar memahami banyak hal rahasia psikotes terkait didalamanya, bahkan aplikasinya kelak didunia kerja maupun dunia bisnis yang semakin kompetitif dan ketat.

2. Menambah pengetahuan umum melalui berbagai media (TV, Tabloid, Majalah, Koran Harian, Dsb) jika anda ada waktu meluangkan itu. Baik mencermati berita-berita aktual (tentunya yang dominan berhubungan dengan dunia kerja, bisnis, peluang usaha, teknologi informasi). Tujuannya adalah melatih kepekaan dan wawasan anda untuk tes pengetahuan umum (TPU). Dan dengan wawacan umum yang memadai maka anda akan lebih mudah beradaptasi dengan dunia mana yang anda anggap tepat dengan kompetensi dan background pendidikan yang anda punya, Sehingga tidak terlampu spekulatif.

3. Menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan, bisa dengan olahraga apa saja yang anda anggap paling nyaman dan sesuai dengan kondisi situasi dan waktu anda. Dan ada lagi jika anda benar-benar memahaminya, kebugaran dan kesehatan tubuh bisa anda jaga dengan pikiran dan afirmasi positif. Ini bukan hal sembarangan, Silahkan saat ini anda tenang, dan pikirkan dengan educated dan rasional : "Ketika anda lelah, cape, pusing, sakit, pegal-pegal, bingung, khawatir, kurang PD, dsb" Pertanyaan untuk anda : Bagian tubuh mana yang mamapu merespon dan menerjemahkan semua itu secara simultan tapi tidak membuat dis-orientasi dan dis-harmonies? Yah, dia adalah PROCESSOR Otak anda yang cerdas itu, yang berisi milyaran neuron dalam menerjemahkan semua itu secara Sco Unix SCIENTIFIC. Logis dan Rasional! - Jika anda berpikir positif ditambah dengan kondisi fisik prima dan daya tahan cukup, Maka kreativitas andalah yang akan muncul, Tapi sebaliknya jika anda berpikir negatif + kekhawatiran berlebihan, yang ada hanya ruwet + rumit + kompleks, Itu analoginnya. Tidak ada hal yang lebih mudah selain anda benar-benar memahami apa yang sebenar-benarnya anda pikirkan. (Positif Thinking - Practicing Neuroscientific).

4. Ini juga tidak kalah pentingnya, yaitu peralatan tempur (maksudnya alat tulis) jangan meremehkan ini, kurang satu spare saja, bisa mengurangi dan menguras waktu anda saat tes, Jika anda mondar-mandir hanya mencari alat tulis menulis.Dan jangan sampai kemampuan dan persiapan matang yang anda lakukan bisa tersabotase hanya karena keringat dingin maupun kekurangan alat tulis saja. Teliti dan cermati.

PERSIAPAN MENGHADAPI DUNIA KERJA

Dunia kerja dan dunia pendidikan merupakan dua hal yang sangat jauh berbeda. Jika di bangku kuliah ,Anda mendapat sejumlah teori pembelajaran maka di dunia kerja adalah tempat praktek yang sesungguhnya. Banyak pekerja yang sadar akan hal tersebut namun mereka justru kesulitan menjalaninya. Memasuki dunia kerja para fresh graduate membutuhkan persiapan yang matang, pasalnya disini Anda tidak akan mendapatkan kenyamanan seperti dulu. Istilahnya, jika Anda malas-malasan maka Anda tidak akan berkembang.

Persiapan kerja menjadi hal yang sangat penting karena selain ingin mendapatkan pekerjaan impian Anda pun membutuhkan persiapan untuk menghadapi persaingan. Nah, untuk membantu Anda berikut ini beberapa tips dan cara yang bisa membantu Anda. Ingin sukses? Pahami dengan baik.

Pemilihan Kerja

Untuk memasuki dunia kerja Anda sebaiknya memperhatikan dengan baik pilihan Anda. Saat ini banyak diantara mereka yang terjun ke dunia yang sangat jauh berbeda. Hal ini secara tidak langsung akan menghambat perkembangan Anda karena perbedaan tersebut mengharuskan Anda untuk mempersiapkan hal yang baru. Sebaiknya, Anda memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda, hal ini akan mempersingkat persiapan Anda sehingga Anda lebih mudah beradaptasi.

Keyakinan

Masalah utama yang selalu dihadapi oleh mereka yang baru lulus adalah daya tahannya. Kebanyakan mereka cepat merasa bosan menjalani aktivitas yang sama setiap harinya. Nah, saat Anda masuk ke dunia kerja maka Anda membutuhkan keyakinan yang kuat. Ingat dunia kerja itu penuh dengan berbagai intrik yang bisa menjatuhkan Anda.

Persiapkan Mental Anda

Menyambut dunia kerja maka hal yang terpenting adalah mental Anda. Mungkin saja selama kuliah  adalah salah seorang mahasiswa yang memiliki prestasi mendapat IPK terbaik ,  namun hal tersebut belum tentu ikut terjadi saat Anda masuk ke dunia kerja. Nah, untuk menghadapinya Anda butuh persiapan mental yang benar-benar kuat. Karena disini Anda tidak hanya memiliki kewajiban yang harus Anda lakukan tapi juga Anda bertanggung jawab penuh terhadap pekerjaan Anda. Siapkan mental Anda untuk tidak pernah menyerah, tidak berhenti belajar dan terus berusaha.