Arsip Agenda -> Agenda

Agenda

Tanggal : 2016-04-08 | Waktu : 22:42:56
Ketua Senat Mahasiswa FEBI UIN SU memberikan penghargaan kepada Dr. M. Ridwan,MA (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama ) pada acara Dialog Kemahasiswaan bersama SENAT Mahasiswa FEBI UIN SU dengan tema menjadi Mahasiswa cerdas, organisasi mantap,berpotensi dan berprestasi

Medan-31 Maret  2016. Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SU  menyelenggarakan dialog kemahasiswaan lebih dekat FEBI UIN SU di  Aula Fakultas Syariah dan Hukum UIN SU. Hadir sebagai Narasumber Dr. M. Ridwan ( Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama) . Acara ini mengangkat tema kiat menjadi mahasiswa cerdas;, organisasi mantap,berpotensi dan berprestasi. acara ini penting bagi mahasiswa untuk bisa memotivasi mereka baik dari segi akademis maupun organisasi. “Mahasiswa tidak hanya kuliah tugasnya, tetapi juga harus aktif berorganisasi. Tinggal saja kita harus cerdas mengatur waktunya.

Kuliah' dan 'Organisasi'. Dua hal yang tak terpisahkan dari sisi mahasiswa. Masing-masing mahasiswa memiliki hak untuk mengikuti suatu organisasi ataupun tidak. Kuliah tanpa organisasi bagai kerupuk yang jika dimakan hanya mendapat anginnya saja. Mahasiswa hanya belajar teori di dalam kelas tanpa mampu mengaplikasikannya di dalam masyarakat. Begitu juga organisasi. Terlalu mengutamakan organisasi hingga melalaikan kuliah bagai pohon yang tidak berdaun. Kamu bisa bersosialisasi dengan siapapun, tapi tidak memiliki basic pendidikan yang terarah.

Menjadi bagian dari lingkungan baru, tentunya membuat kita harus beradaptasi dengan kehidupan yang baru. Begitu juga dengan kehidupan kampus. Segala macam karakter orang terdapat dalam dunia kampus. Jati diri kamu sebagai mahasiswa akan semakin diperhitungkan.

Pengetahuan yang didapat di bangku kuliah sangat terbatas. Karenanya, kamu harus mengikuti organisasi agar bisa mendapatkan ilmu yang tidak kamu dapatkan di bangku kuliah. Cara beradaptasi di suatu lingkungan baru, akan memudahkanmu berbaur di masyarakat. Dengan berorganisasi, kita akan menjadi tahu apa yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, merasakan juga  apa yang mereka rasa.

Kampus merupakan tempat kamu mengembangkan diri dan berevolusi lebih baik.  Kampus juga bukan hanya sekedar tempat mencari ilmu, melainkan juga mengembangkan diri, baik di bidang akademik maupun organisasi. Dunia kerja yang semakin menuntut kita agar memiliki soft skill disamping hard skill. Hal ini semakin memacu kamu untuk berkembang lebih baik lagi. Menjadi mahasiswa yang memiliki organisasi akan menjadi nilai tambah bagi bekal masa depanmu kelak. Di saat persaingan yang semakin tinggi, kamu harus bisa menjadikan diri kamu sebagai mahasiswa yang berkualitas. Di organisasi itulah kita dapat belajar memimpin, bekerja sama dengan orang lain (secara team), belajar tentang manajemen dan lain sebagainya. Kemampuan-kemampuan seperti itulah yang justru sangat diperlukan ketika mamasuki dunia kerja yang sebenarnya.

Dialog ini menjadikan mahasiswa sama-sama menyadari dan mengetahui cara sukses belajar dan berorganisasi serta sesuai dengan visi dan misi FEBI. Sehingga terjalin ikatan yang kuat. Tidak saja pada level hubungan kelembagaan (sama-sama berada di Fakultas yang sama), tetapi silat al-fikriyah (hubungan pemikiran untuk pengembangan FEBI), dan akhirnya silat al-qalbiyah (hubungan emosional). Pada tahap pertama ini juga diharapkan semua perangkat-perangkat yang diperlukan untuk berlangsungnya proses pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengembangan dapat berjalan dengan baik.

Sarjana Ekonomi Islam yang memiliki keunggulan dan keagungan moral (akhlak)-spiritual, penguasaan ilmu ekonomi dan Bisnis yang bernafaskan Islam serta penguasaan keterampilan dan kecakapan hidup. Akumulasi dari kualitas tersebut menjadikan Sarjana FEBI mampu menggunakan ilmunya untuk menopang kehidupannya yang bersahaja, bermartabat dan bermanfaat bagi kemanusiaan.