Arsip Agenda -> Agenda

Agenda

Tanggal : 2016-04-11 | Waktu : 18:45:31
Syariah Group Discussion KSEI UIE UIN SU Bersama Narasumber Dr. Muhammad Yafiz , M.Ag (Wakil Dekan I FEBI UIN SU) dengan tema Islam sebagai Sumber , Pemikiran, dan Pengamalan

Medan, 08 April 2016. Syariah Group Discussion KSEI UIE UIN SU sukses mengadakan kegiatan rutin diskusi dilaksanakan kali ini yang mengupas tema Islam sebagai Sumber , Pemikiran, dan Pengamalan.  Hadir sebagai Narasumber Dr. Muhammad Yafiz , M.Ag (Wakil Dekan I FEBI UIN SU).

           Setiap muslim bahwa Islam dan syariatnya adalah agama dan sumber hukum yang sempurna, lengkap, dan abadi. Tidak ada satu amalan atau aturan yang mendatangkan kebaikan bagi umat manusia dalam kehidupan dunia dan akhirat melainkan telah dijelaskan di dalamnya. Tidak pula ada satu amalan pun yang membahayakan kehidupan mereka melainkan telah diperingatkan untuk ditinggalkan dan dijauhi, sebagaimana firman Allah Shubhanahu wa ta’alla dalam surat al-Maidah ayat 3. Ayat ini mengandung berita tentang nikmat Allah Shubhanahu wa ta’alla yang terbesar untuk umat Islam, yaitu ketika Allah Shubhanahu wa ta’alla menjadikan agama yang mereka yakini sebagai agama yang sempurna, lengkap, dan menyeluruh sehingga umat Islam tidak lagi membutuhkan syariat dan sumber hukum selain yang telah diturunkan oleh Allah Shubhanahu wa ta’alla untuk mengatur kehidupan mereka.

Islam sebagai sumber, yakni sumber kajian-kajian ilmiah berarti Islam dari segala dimensinya, baik hukum, tasawwuf, sejarah,  seni, sains dan lain sebagainya. Semua tingkatan, tatara dan segala dimensi yang ada tercakup dalam Islam memang telah menjadi sumber kajian ilmiah yang sangat luas dan bervariasi. Seorang pengkaji yang tertarik untuk mengkaji ke-Islaman akan berhadapadan dengan objek kajian yang begitu variatif, terserah yang mana yang akan ia pilih.

            Kita bisa melihat bahwa sangat banyak sekali kajian-kajian ke-Islaman yang bisa kita ketemukan pada masa ini, bai dalam bidang teologi, hukum, sains, dan lain sebgainya. Artinya Islam sebagai sumber penelitian dan kajian-kajian ilmiah telah ,menyediakan sebuah obejk besar dan menarik bagi para sarjanwan untuk diteliti.

            Islam sebagai pemikiran atau pemahaman adalah kajian yang berangkat dari sumber-sumber yang diakui  sebagai sumber-sumber Islam, seperti Alquran al-Karim, Hadist, Ijma’ dan lain sebagainya.Kajian Islam sebagai pemahaman akan menyediakan ruang studi yang sangat luas, seluas agama Islam menyebar di dunia.

              Islam sebagai pengamalan, juga memberikan ruang kajian ke-Islaman yang sungguh luas. Konsep kajian Islam sebagai pengamalan berangkat dari pertanyaan dasar: bagaimanakah suatu masyarakat mengamalkan Islam?. Dari kajian ke-Islaman pada tingkat ke-dua dan ke-tiga inilah kemudian nantinya muncul studi wilayah, yakni memahami Islam pada suatu masyarakat, daerah, bangsa atau etnis Islam.

            Salah satu perbedaan antara Islam sebagai pemahaman dengan Islam pada pengamalan adalah aktualisasiya pada kehidupan. Karena bisa saja suatu pemahaman tentang Islam tidak teraplikasikan dalam pengamalan, atau malah bertentangan dengan fakta.