Arsip Agenda -> Agenda

Agenda

Tanggal : 2016-05-14 | Waktu : 15:16:46
Himpunan Mahasiswa Prodi D3 Perbankan Syariah Melaksanakan Studi Ekskursi ke BRI Syariah Cabang Medan

Medan, 04 Mei 2016. Himpunan Mahasiswa Prodi D3 Perbankan Syariah FEBI UIN SU Melaksanakan Kegiatan Study Ekskursi ke BRI Syariah Cabang Medan. Hadir dalam kegiatan tersebut Zuhrinal Nawawi, MA selaku Ketua Prodi D3 Perbankan Syariah. Bapak Zuhrinal menyampaikan bahwa Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya dilakukan dalam mendekatkan mahasiswa dalam teori dan praktek dunia kerja. Kedatangan Kaprodi dan Mahasiswa D3 Perbankan Syariah disambut baik oleh para pimpinan Bank BRI Syariah Cabang Medan. Study Ekskursi adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan  mahasiswa di bidan perbankan syariah terutama di bidang akademis dan juga non akademis.selain itu juga wawasan mahasiswa di dunia mahasiswa. Dalam dunia perbankan syariah mahasiswa dituntut tidak hanya memahami materi saja tetapi diharapkan sebisa mungkin untuk memahami dan mengetahui alur perbankan syariah secara nyata. Bila dilihat lebih jauh Perbankan syariah adalah sistem bukan pemikiran disini jelas untuk bisa mengetahui alurnya dibutuhkan praktek.

Mahasiswa diharapkan mempunyai keahlian dan selalu mengikuti perkembangan dunia Perbankan syariah sehingga ketika memasuki dunia kerja mahasiswa dapat bersaing dan lebih mengetahui seluk-beluk Perbankan syariah.

Problematika yang dihadapi mahasiswa saat ini terutama Perbankan syariah setelah lulus kuliah adalah tidak bisa mengimplementasikan teori yang mereka dapatkan dalam bangku kuliah di kehidupan nyata atau khususnya di dunia kerja sehingga tidak jarang mahasiswa yang memiliki IP tinggi tidak diterima kerja. Alasan sebenarnya cukup sederhana, mahasiswa merasa sudah cukup dengan belajar teori dan memiliki IP tinggi sehingga mereka enggan untuk mempraktekkan ilmunya di kehidupan nyata. Mereka tidak menyadari bahwa IP tinggi bukan jaminan untuk mendapatkan pekerjaan.

Dunia Perbankan syariah yang berkembang dan berubah begitu cepat menuntut mahasiswa untuk lebih kreatif dan inovatif menghadapi perubahan itu. Banyak cara yang digunakan untuk bisa mengikuti perkembangan dunia perbankan syariah salah atunya adalah Studi Ekskursi. Dalam Studi Ekskursi mahasiswa bisa langsung terjun ke instansi yang terkait sehingga mahasiswa bisa langsung mengetahui bagaimana alur Perbankan syariah. Studi Ekskursi juga bisa menambah pengetahuan dan ilmu dalam dunia kerja.

Kegiatan Studi Ekskursi diharapkan bisa membantu mahasiswa untuk lebih memahami dan menambah pengetahuan bagi mahasiswa dalam dunia kerja. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan mahasiswa mengetahui teknologi yang berkembang di dunia Perbankan syariah. Pengalaman dan ilmu dalam dunia kerja yang didapatkan dalam Studi Ekskursi diharapkan mahasiswa bisa menentukan kemana arah setelah lulus kuliah. Untuk memperoleh pekerjaan kemampuan saja tidak cukup tetapi diperlukan jaringan luas supaya dapat memporelah informasi dalam segala hal khususnya dunia kerja. Dari kegiatan Studi Ekskursi diharapkan dapat memberikat bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan Perbankan syariah dan mandapatkan dukungan dari semua pihak demi terlaksananya kegiatan tersebut