Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-09-20 | Waktu : 00:58:35
Sosialiasasi Pasar Modal dan Belajar Tekhnikal dan Fundamental Bersama IPOT Medan dan @idx Medan

Medan, 15 September 2017. Sebagai upaya dalam mengembangkan Pasar Modal Indonesia dan meningkatkan pemahaman masyarakat akan investasi di Pasar Modal Indonesia, BEI secara konsisten melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Salah satu wujud keseriusan BEI dalam mensosialisasikan Pasar Modal Indonesia dan meningkatkan pemahaman serta minat masyarakat dalam berinvestasi di Pasar Modal Indonesia, BEI telah meluncurkan kampanye “Yuk Nabung Saham” pada tanggal 12 November 2015 yang diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Jusuf Kalla.

FEBI menjadi pelopor dalam hal ini untuk memberikan jawaban dengan berdirinya Galeri Investasi Syariah pertama se-Sumatera Utara pada 2 maret yang lalu. Pentingnya edukasi pasar modal syariah saat ini , sehingga membutuhkan galeri, galeri investasi sebagai wadah wadah mengenal pasar modal lebih dalam.

Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra menyampaikan tahun ini dalam rangka Gerakan Memasyarakatkan Investasi Keuangan Syariah di UIN SU dengan mewajibkan seluruh mahasiswa baru untuk membuka rekening Efek dan mengikuti program menabung saham di GIS FEBI UIN SU Medan. Saya percaya melalui kebijakan ini akan lahir Sarjana Ekonomi yang lebih paham teori dan praktik ilmu ekonomi hulu dan hilir yang terkait dengan investasi dan pasar modal, ujar Dr. Andri Soemitra.

Dr. Andri Soemitra juga menambahkan bahwa pada kuliah umum semester genap yang lalu, FEBI mencanangkan “Gerakan Melek Investasi Keuangan Syariah” , lalu pada kuliah umum semester ganjil tahun ini FEBI UIN SU mencanangkan “Gerakan Memasyarakatkan Investasi Keuangan Syariah dan Insya Allah nanti pada tanggal 20-21 oktober 2017 FEBI UIN SU bersama KSPMS Golden UIN SU didukung penuh oleh BEI akan menjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi di tingkat nasional “Festival Nasional Pasar Modal Syariah” dengan agenda edukasi besar besaran literasi keuangan syariah, oleh karena itu perlu dukungan para dosen untuk membantu mensosialisasikan program yang Luarr Biasa ini.

Galeri Investasi Syariah FEBI UIN SU yang telah diresmikan Rektor UIN SU bersama-sama dengan  TICMI, IDX Bursa Efek Indonesia dan PT. OSO Securitas bekerjasama dengan BEI mengadakan program Sekolah Pasar Modal dengan narasumber Investor Development Division Indonesia Stock Exchange. Kegiatan yang diadakan di ruang sidang FEBI UIN SU  dengan materi berupa pengenalan pasar modal, mekanisme berinvestasi di pasar modal, analisa fundamental dan teknikal dan trading bersama.

Manfaat dari kegiatan ini mahasiswa mendapatkan pengetahuan mendalam mengenai pasar modal secara komprehensif,  memahami tentang aktivitas dan struktur pasar modal, memiliki keterampilan dalam berinvestasi dipasar modal dan mengetahui gambaran yang jelas bagaimana cara menangkap peluang investasi di Pasar Modal.