Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2017-10-20 | Waktu : 00:19:45
Launching Gerakan FEBI Care Movement

Medan, 19 Oktober 2017. FEBI melaunching Gerakan FEBI Peduli (FEBI CARE MOVEMENT)
"Leadership Training" Membentuk pemimpin berkarakter sociapreneur melalui tata kelola zakat infak sedekah wakaf (Ziiswaf).  Hadir  2 narasumber Drs. Jaza Zailani MM selaku sekretaris BAZNAS pusat pertama Indonesia saat ini , dan Bapak Faisal Qosim selaku kepala divisi pengembangan layanan UPZ.
 

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UIN SU Prof.Dr. H. Saidurrahman, M.Ag  sudah sewajarnya FEBI terus tampil paling terdepan memajukan UIN SU JUARA.  FEBI UINSU merupakan salah satu dari 3 fakultas ekonomi  yang termasuk dalam 3 fakultas terdepan seindonesia yaitu UIN Sumatera Utara, Universitas Airlangga, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang lain lewat, ujar Prof. Saidurrahman
 

Rektor UIN SU menambahkan Melalui  Launching Gerakan FEBI Peduli ( FEBI Care Movement ) ini merupakan salah satu cara terapan ekonomi islam melalui kerjasama Baznas dalam Unit Pengumpul Zakat dalam menyelesaikan masalah pengentasan kemiskinan dan masalah biaya pendidikan. Pada Tahun 2020 UIN SU mentargetkan semua mahasiswa UIN SU tidak ada lagi terdengar putus kuliah dikarenakan masalah biaya pendidikan, karena selain berbagai beasiswa yang sudah kita dapat dalam membantu biaya pendidikan mahasiswa , perlu UPZ  akan mengumpulkan dana dan juga sebagai penyalur dana membantu para mahasiswa yang terkendala dalam pendidikannya, tentunya kesemua ini  berkat kerjasama kita semua untuk bersama sama mensukseskan gerakan febi care movement ini. Ujar Prof. Saidurrahman, M.Ag.  Prof. Dr. H. Saidurrahman juga menyampaikan bahwa Alhamdulillah UIN SU sebagai kampus yang dipercaya oleh Kemenkeu melalui Dirjen Pengelolaan dan Resiko terkait SBSN (Sukuk) yang baru ini dilakukan Trainning of Trainners.

Wakil Dekan I Dr. H. M. Yafiz, MA menyampaikan bahwa  FEBI dalam tingkat kepedulian sudah teruji dapat dilihat dari beberapa kontribusi  FEBI mengumpulkan dana bantuan kepedulian Rohingya yang berhasil terkumpul sebesar Rp. 13. 000.000,- selama dua hari, dan menjadi salah satu unit yang berhasil dengan memberikan sumbangan terbanyak dibanding dengan unit unit lain yang ada di UIN SU.

Drs. Jaza Zailani menyampaikan bahwa tata kelola ziswaf melalui pelatihan ini akan mengetahui perbedaan Laznas dengan UPZ.  Nantinya kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pelatihan dijakarta agar para pengelola UPZ melahirkan Amil Zakat yang professional.

Bapak Faisal menyampaikan mengenai  bentuk struktur pengelolaan Unit Pengumpul Zakat dan kegiatan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan melalui UPZ ini.

Hadir juga  pada saat  Wakil Dekan II Dr. Chuzaimah Batubara, MA, Wakil Dekan III Dr. Nurlaila, Para Ketua/Sekjur , dan Dosen FEBI, serta organisasi intra diantaranya Dema, Sema
HMJ  Akuntansi, HMJ Ekonomi  Islam, HMJ Perbankan Syariah, HMJ  D3 Perbankan Syariah.