Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-02-19 | Waktu : 18:15:12
Pengabdian Masyarakat FEBI UINSU Medan di Desa Percut Kec Percut Sei Tuan Deli Serdang.

FEBI UIN menyelenggarakan pengabdian masyarakat ke Desa Percut Sei tuan Deli Serdang, 15/02/18.  FEBI merupakan fakutas yang unggul dalam penerapan ekonomi dan bisnis islam yang gaung namanya tentu sudah dikenal oleh masyarakat, tentu harus lebih dapat dirasakan oleh masyarakat dengan melakukan berbagai pemberdayaan masyarakat oleh para dosen FEBI UIN SU. Kegiatan diisi dengan diskusi dengan warga sekitar. Pasca Focus Group Discussion yg dilakukan dengan sejumlah Tokoh Kunci dan Warga masyarakat didapatkan sejumlah informasi penting yg menjadi dasar kebijakan pengembangan Abdimas FEBI UINSU Medan ke depan berbasis Potensi Desa (Asset Based Community Development):
1. Sumber Daya Alam yg cukup berlimpah merupakan salah satu aset yg berpotensi seperti lahan yg masih tersedia di masing-masing rumah warga, tanah yg subur, persawahan dan Perkebunan bahkan dulu pernah menjadi salah tempat pengembangan tembakau Deli, wilayah pesisir pantai dengan potensi hasil laut, olahan hasil laut, dan wisata bahari /manggrove.
2. Sumber Daya Manusia yg juga sudah tersedia di antara warga ada yg baik dalam bertani, nelayan, Pengurus koperasi, pedagang, pengepul, peternak, pembudi daya hewan laut, dst.
3. Sarana dan prasarana juga sudah disiapkan pemerintah dengan menetapkan Percut sebagai Wilayah Wisata Bahari.
4. Uang. Masyarakat Desa Percut sudah beberapa kali mendapatkan bantuan dana pengembangan desa dari Pemerintah namun sayangnya sebagian besar terhenti dan tidak berlanjut karena dana bergulir tidak dapat diteruskan dan mayoritas dana macet di tangan masyarakat. Ini membuktikan bahwa uang tanpa adanya pemahaman tata kelola keuangan dan usaha yg baik justru akan menjadi beban bagi warga sendiri.
5. Organisasi Masyarakat, sudah ada sejumlah lembaga, organisasi dan kelompok di masyarakat hanya saja warga mengaku kekurangan tenaga pendamping. Hal ini terasa karena tidak ada peningkatan usaha dan kurangnya koordinasi usaha selama ini. Usaha warga terkesan jalan di tempat bahkan sebagian makin mundur.
6. Jejaring/Modal Sosial. Masyarakat masih terpecah pecah dalam menjalani usaha. Tidak ada konsep dan peta usaha hulu dan hilir yg jelas. Masing berjalan sendiri sendiri dan tidak terkoneksi.
Berdasarkan sejumlah informasi di atas maka disusunlah sejumlah Kesepahaman Bersama:
1. FEBI UINSU Medan akan menjalin Kerjasama formal dengan Pemerintah Desa Percut dalam MOA bertujuan bersama sama menggali dan mewujudkan Potensi Desa dengan motto dari Desa, oleh Desa dan untuk Desa menuju Sejahtera Bersama.
2. FEBI UINSU Medan akan menjadi Pendamping bagi Desa Percut dalam berbagai kegiatan penggalian dan usaha mewujudkan Potensi Desa antara lain Pelatihan, Pembentukan Organisasi/Lembaga Desa, dst.
3. Abdimas ini juga perlu didukung dengan riset riset /Skripsi mahasiswa bertemakan Penggalian dan usaha mewujudkan potensi Desa Percut agar diperoleh data yg lebih luas dan komprehensif untuk pengambilan kebijakan yg berkelanjutan.

Hadir pada saat kegiatan Dr. M. Ridwan, M.Ag (Kepala Pustipada UIN SU), Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra, MA, Wakil Dekan I Dr. H. Muhammad Yafiz, MA, Wakil Dekan II Dr. Hj. Chuzaimah Batubara, MA , Wakil Dekan III Dr. Hj. Nurlaila dan para Dosen serta staff FEBI UIN SU.