Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-02-26 | Waktu : 18:34:34
Rapat Dosen Perkuliahan Semester Genap TA. 2017/2018 dan Workshop Peningkatan Mutu Pembelajaran Dosen FEBI UIN SU

Medan, 22 Februari 2018. Memasuki sem genap TA. 2017/2018 FEBI UIN SU mengadakan rapat dosen di Aula Fakultas Syariah.. Acara ini diawali dengan kata sambutan ketua panitia workshop peningkatan mutu pembelajaran dosen / Wakil Dekan I Dr. H. Muhammad Yafiz, MA. Dr. H. Muhammad Yafiz, MA menyampaikan bahwa menyampaikan bahwa rapat dosen ini untuk memastikan kesiapan dosen agar dalam mengajar pada semester genap ini, dan dirangkai dengan kegiatan workshop peningkatan mutu pembelajaran dan pelayanan akademik yang dimana nantinya  setiap dosen tidak masuk , harus menggantikan perkuliahan  yang kurang tersebut pada setiap bulannya, dan tentunya nanti akan disampaikan oleh narasumber yang luarr biasa ( Mhd Ikhsan, ST,M.Kom) lebih jelasnya. Hal ini dikarenakan ada inisiatif dari Wakil Dekan II Dr. Hj. Chuzaimah Batubara, M.Ag akan direncanakan pembayaran honor dosen luar biasa untuk setiap bulannya yang sekaligus penerapan absensi berbasis online, ujar Dr. H. Muhammad Yafiz.

Dr. H. Muhammad Yafiz juga menambahkan bahwa seiring dengan adanya internasionalisasi bahasa asing, dosen diharapkan mampu berkomunikasi dalam menyampaikan baik pendahuluan, dan penyampaian materi harus mampu berbahasa asing ( arab dan inggris). Khusus kepada mahasiswa nantinya akan lebih didisiplinkan lagi dari segi cara berpakaian dan sopan santun dalam kampus khusus pada saat perkuliahan, ujar Dr. Muhammad Yafiz

Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra, MA memberikan arahan dan membuka kegiatan rapat dosen sem genap TA. 2017/2018 dan workshop peningkatan mutu pembelajaran. Dr. Andri Soemitra menyampaikan amanah dari Rektor UIN SU (Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag) diantaranya : 1. Internasionalisasi. Untuk mempercepat UIN SU menuju World Class University Setiap dosen diwajibkan semaksimal mungkin untuk dapat membudayakan bahasa asing (arabic and english) dalam pelaksanaan proses pembelajaran, 2. Teknologi informasi yang disiapkan. Teknologi informasi saat ini menjadi salah satu begitu penting dalam upaya mewujudkan service excelllent bagi mahasiswa dan dosen, karena untuk mempercepat akselerasi akreditasi UIN SU dengan perolehan predikat “A”., 3. Pembentukan Character Builiding. Diharapkan para mahasiswa ditanamkan rasa disiplin, tepat waktu, dan memiliki Akhlakul Karimah. Dimana ketiga pesan tersebut untuk menjadikan FEBI Lebih Luar Biasa, UIN SU Lebih JUARA.

Hadir narasumber I Dr. H. M. Yusuf menyampaikan materi tentang kontrak perkuliahan dan program terstruktur pembelajaran. Dr. Yusuf menambahkan bahwa UIN SU menjadi salah satu kampus /universitas termuda dan termaju yang sangat cepat kemajuannya semenjak peralihan dari IAIN SU ke UIN SU , kemajuan UIN SU tentunya FEBI lah yang menjadi pelopor bagi kemajuan UIN SU. Tentunya sudah pasti menjadi tugas kita semua khusus nya FEBI untuk mainstremkan ekonomi Islam, ekonomi islam adalah ekonomi riil dengan  konsep bagi hasil, ujar Dr. M. Yusuf

Hadir Narasumber II Mhd Ikhsan, ST.,M.Kom  menyampaikan  optimalisasi implementasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), Paper Less Office (PLO) dan Daftar Hadir Online (DAHLIA), dimana Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), Paper Less Office (PLO) dan Daftar Hadir Online (DAHLIA) merupakan salah satu sarana memanfaatkan digitalisasi dari perkembangan teknologi saat ini dan tentunya sangat bermanfaat dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan pelayanan. Sistem pelayanan akademik yang memperbaharui informasi seputar pelaksanaan registrasi, daftar hadir mahasiswa dan pengelolaan data akademik yang melibatkan mahasiswa, dosen, serta elemen terkait yang tentunya juga dapat lebih menghemat dari sisi pemakaian kertas yang selama ini digunakan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Dekan II Dr. Hj. Chuzaimah Batubara, M.Ag, Wakil Dekan III Dr. Hj. Nurlaila, MA, para ketua jurusan, sekretaris jurusan, dosen pengelola FEBI. (snj)