Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-03-13 | Waktu : 22:22:22
Talk Show Sosialisasi Asuransi Syariah dan Dana Pensiun Syariah Bersama OJK Pusat

FEBI UIN SU sukses menyelenggarakan kegiatan Talk Show “Sosialiasi Asuransi Syariah dan Dana Pensiun Syariah  Bersama OJK Pusat dengan tema “Meningkatkan Literasi di Kalangan Akademisi Terhadap Produk Keuangan Syariah” di Aula UIN SU, Medan, 06 Maret 2018.  Hadir 4 Narasumber diantaranya : Dr. Andri Soemitra, MA (Dekan FEBI), Kata sambutan Rektor UIN SU diwakili  oleh Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan talkshow ini. Perlu nya edukasi asuransi syariah dana pensiun syariah bagi para mahasiswa dan dosen agar mengetahui betapa pentingnya persiapan diri dalam menghadapi berbagai kemungkinan kemungkinan yang terjadi yang  tidak kita harapkan, tentunya persiapan tersebut dimulai dari sekarang, ujar Dr. Andri Soemitra

Kata Sambutan sekaligus pembuka kegiatan talkshow oleh Bapak Mulyanto selaku Direktur Pengawas Otoritas Jasa Keuangan Regional V menyampaikan bahwa OJK mencatat tingkat inklusi keuangan tahun 2017 sebesar 69 %  dan diharapkan target 2019 tingkat inklusi sebesar 75% bisa tercapai. Asuransi bertujuan untuk melindungi kita dari segala resiko yang akan kita hadapi, sedangkan dana pensiun bertujuan untuk melindungi dan mempersiapkan bekal kita akan memasuki umur pensiun, ujar Mulyanto. Bapak Mulyanto berdasarkan data tahun 2017 menambahkan bahwa  prospek asuransi syariah cukup tinggi dan tumbuh sebesar 20% dengan aset 4,51%, mari bekerja cerdas dengan keuangan syariah. Indonesia punya potensi besar sumber daya terbuka di sektor Riil.

Kegiatan Talkshow ini menghadirkan 4 narasumber yang luar biasa dan langsung dimoderatori seorang akademisi yang dahsyat oleh Wakil Dekan 1 Dr. H. Muhammad Yafiz, MA yang disambut dengan tepuk tangan kemeriahan para peserta dalam kegiatan tersebut.

Narasumber 1 Dr. Andri Soemitra (Dekan FEBI) menyampaikan mengenai “Kebutuhan Produk Asuransi Syariah da Persiapan Memasuki Usia Pensiun. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik per Agustus 2016, jumlah peserta formal di Indonesia mencapai 50.207.787 pekerja, sedangkan pekerja informal mencapai 68.204.186 pekerja, baru sekitar 21 % pekerja formal yang telah terlindungi dengan program pensiun di Indonesia. Dr. Andri Soemitra menambahkan jadilah muslim yang cerdas , dengan memakai program asuransi syariah  dan dana pensiun syariah untuk ikhtiar proteksi diri dan harta serta mempersiapkan masa depan yang lebih baik dihari tua.

Narasumber 2 Ibu Rina C Yuliani dari perwakilan Deputi Keuangan Syariah Jakarta menyampaikan mengenai asuransi syariah dan perkembangan dan peluang asuransi syariah saat ini. Narasumber 3 Ibu Nurhasanah dari perwakilan Departemen Keuangan RI menyampaikan materi mengenai  Mengenal  Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Syariah serta jumah entitasnya “, sedangkan narasumber 3 Ibu Ni made Anita Susan dari Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) menyampaikan materi mengenai pengaturan dan manfaat dari kepesertaan pada program pensiun berdasarkan prinsip syariah.  

Kegiatan Talkshow ini dihadiri oleh Wakil Dekan II Dr. Hj. Chuzaimah Batubara, M.Ag, Wakil Dekan III Dr. Nurlaila , SE.,Ak.,M.Si dan para ketua /sekretaris jurusan serta para dosen dan staff febi UIN SU. (snj)