Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-11-09 | Waktu : 01:45:58
Seminar Nasional Industri Halal " Peluang dan Tantangan Industri Halal dan Global di Era Digital"

Medan (FEBI UIN SU)

FEBI UIN SU sukses menyelenggarakan Seminar Nasional Industri Halal dengan menghadirkan narasumber 1. Dr. H. Amirsyah Tambunan, MA (Wasekjen MUI Pusat), 2. Faisal Amri, S. Ag., M. Ag (Pelaku Usaha dan Alumni UIN SU) " Peluang dan Tantangan Industri Halal dan Global di Era Digital serta di moderatori oleh Dr. Muhammad Arif. MA. Kegiatan ini dibuka dengan kata sambutan Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra.

Dalam Sambutannya Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra menyampaikan bahwa kedua narasumber berasal dari Alumni UIN SU yg dulunya IAIN SU, Narasumber pertama menjadi Wasekjen MUI Pusat, dan Narasumber Kedua menjadi Calon DPD RI / Pelaku Bisnis yang Handal.

Dr. Andri Soemitra menambahkan Industri Halal menjadi PR buat kita semua, semenjak merdeka dan orde baru sampai sekarang banyak di kuasai oleh pihak asing, Kita harus jadi menjadi pemenang dalam Industri bisnis saat ini. Era dulu dengan sekarang dah beda, di Era Digital sekarang sudah nampak perbedaannya kita lihat dengan yang sebelumnya, perkembangannya begitu cepat, ini tentunya bisa kita jadikan peluang bisnis. Bisnis Halal tentunya sudah menjadi harapan utama kita dalam berbisnis agar mendapatkan keberkahan.

Narasumber pertama menjadi Wasekjen MUI Pusat Dr. H. Amirsyah Tambunan, MA menyampaikan bahwa Indonesia berpeluang besar menjadi pusat halal dunia, tentunya peluang tersebut dapat dilakukan dengan menggali dan mengembangkan potensi SDM dan SDA , dan kita semua mengharapkan UIN SU sebagai lembaga akademik dapat menjadi inisiator mengembangkan industri halal di Indonesia dan dunia global.

Narasumber Kedua menjadi Calon DPD RI / pelaku bisnis yang handal menyampaikan bahwa pentingnya saat ini akan produk halal, Indonesia semestinya menyadari bahwa menjual produk halal adalah kebutuhan dan kewajiban. Harus muncul paradigma ke depan bahwa sebagian besar produk makanan, bahan makanan, dan jasa tertentu di Indonesia sudah pasti kehalalannya. Apalagi sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia.

Sertifikat Halal adalah suatu fatwa tertulis dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan kehalalan suatu produk. Sertifikat Halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan ijin pencantuman LABEL HALAL pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang.Pengadaan Sertifikasi Halal pada produk pangan, obat-obat, kosmetika dan produk lainnya sebenarnya bertujuan untuk memberikan kepastian status kehalalan suatu produk, sehingga dapat menentramkan batin konsumen muslim.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Dr. H. Muhammad Yafiz, MA, Dr. Hj. Nurlaila, para Ketua / Sekretaris Jurusan, Ketua Lab , Dosen, Ketua Panitia Anugrah, Ketua DEMA FEBI Hanafi Fadhil, Pengurus DEMA FEBI UIN SU serta ribuan  mahasiswa FEBI UIN SU. (snj)