Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2019-04-05 | Waktu : 19:55:28
WAKIL GUBERNUR SUMATERA UTARA MUSA RAJEKSHAH BUKA MTQ UIN SU

Medan, (UIN SU)
Wakil Gubernur Sumatera Utara, Drs H Musa Rajekshah, M.Hum membuka secara resmi perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan festival nasyid antar fakultas di lingkungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan tahun 2019, Kamis (4/4) pagi. UIN SU sebagai lumbung pencetak generasi qurani harus terus didukung khususnya dalam pengembangan Islam untuk menuju peradaban yang bermartabat.

Pembukaan MTQ Universitas yang digelar di Kampus I UIN SU Jalan IAIN Nomor 1 /Sutomo Ujung itu dihadiri para pimpinan kampus, kepala biro, para dekan dan wakil dekan, pimpinan MUI Sumut dan Medan perwakilan Forkopimda, dewan hakim, pengurus LPTQ dan ratusan mahasiswa. Pada kegiatan ini melombakan sekitar 13 cabang.

Ketua panitia, Dr Syafruddin Syam, MA dalam sambutannya menyampaikan, terdapat belasan cabang lomba di antaranya yaitu cabang tilawah Alquran, qiraah sabaah, hifdzil Alquran, qiraatul qutub, hifdzil hadis, fahmil Alquran, musbaqah makalah Alquran, desain aplikasi dan lomba nasyid. Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan rutin ini. “Kita ingin menumbuhkembangkan pemahaman Alquran di tengah mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai rangkaian seleksi mahasiswa untuk mewakili UIN SU pada MTQ tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Malang mendatang,” terangnya.

Rektor UIN SU, Prof Dr KH Saidurrahman, MAg dalam sambutannya menyampaikan, bermusabaqah berarti bersingeri dalam membumikan Alquran. Selain itu juga bagian dalam upaya mendengarkan ‘qoul’ atau ilmu-ilmu Alquran yang dipahami dan dijadikan pedoman terbaik dalam menjalani kehidupan di dunia sekaligus mencapai kebahagiaan akhirat. “Berada di UIN SU maka kita harus menjadi cerdas, lalu menjadi muslim sejati dan juga sebagai anak negeri yang siap berbakti bagi negara Indonesia,” pesannya.

Bertemakan membentuk mahasiswa yang beriman dan berakhlakul karimah, rektor berharap kegiatan ini mampu sebagai sarana mahasiswa untuk menjadi pelopor dalam menciptakan peradaban islami di Sumut hingga dunia.

Wagubsu, Musa Rajekshah menyampaikan, rangkaian kompetisi ini merupakan bentuk kecintaan kampus terhadap Alquran. Membangkitkan semangat mahasiswa untuk membaca dan memahami serta mengamalkan kandungan Alquran. “Siapa pun yang menjadi juara pada MTQ ini, saya yakin UIN SU sudahlah termasuk pada pecinta Alquran,” katanya.

Ia menilai, semakin banyak menghabiskan waktu untuk mempelajari isi dan kandungan Alquran akan membantu dalam melahirkan generasi yang bermartabat di Sumut khususnya. Sehingga dapat terhindar dari kesalahan karena tertanam rasa takut kepada Allah SWT dari pemahaman Alquran. “Kami harap, bisa membangun Sumut dengan masyarakat berkarakter qurani, generasi penerus bangsa yang punya kemampuan dan memberikan kebaikan di masa mendatang,” tandasnya.

Ia mengharapkan, dengan MTQ ini bisa menguatkan UIN SU dan Sumut dalam ajang MTQ nasional mendatang dan bisa menjadi juara dengan potensi-potensi dari UIN SU. Ia lalu menceritakan awal mula pertemuannya dengan UIN SU yang saat itu berstatus IAIN. Ia menilai, sebagai lembaga yang menjadi garda terdepan dalam menghasilkan generasi dan syiar Islam, maka perlu dukungan dan pembenahan di berbagai aspek seperti pembangunan fisik dan fasilitas pendidikan. “Kita tunjukkan, kita adalah Islam yang rahmatan lil alamin,” tandasnya.

Wakil Dekan III FEBI Dr. Hj. Nurlaila Harahap menyampaikan melalui kegiatan ini diharapkan lahir generasi generasi Qurani yang mampu mengimplementasi nilai nilai keislaman yang terdapat didalam AL Qur'an