Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2019-12-13 | Waktu : 09:29:04
DOSEN FEBI UIN SU SUNARJI HARAHAP MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL LOMBA SAYEMBARA JURNALISTIK KNKS 2019

Medan (FEBI UIN SU)

Alhamdulillah Perwakilan UIN SU Sunarji Harahap, M.M. (Dosen FEBI ) yang juga penulis aktif diharian waspada berhasil Meraih Juara 1 Tingkat Nasional Lomba Sayembara Jurnalistik Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) 2019 Kategori Umum (Menulis Opini ) dengan Judul Tulisan " Optimizing the Role of Information Technology for the Halal Industry and Sharia Finance to Meet Consumer Needs ".

Rektor UIN SU TGS Prof. Dr. KH. Saidurrahman, MA sangat mengapresiasi Adinda Sunarji Harahap mewakili UIN SU yang berhasil meraih juara 1 tingkat nasiional . UIN SU JUARA sebagai Universitas Favorit tentunya akan teruss memberikan kontribusi untuk peradaban Indonesia dan Dunia khususnya berbagai prestasi di event baik di tingkat nasional dan internasional, UIN SU Semakin JUARA, ujar Prof. Saidurrahman
 
Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra , MA mengucapkan selamat dan sukses buat  Bapak Sunarji Harahap  Dosen FEBI  yang berhasil menjuarai event jurnalistik tingkat nasional,  ini merupakan salah satu jalan dalam mengibarkan bendera UIN SU dengan berbagai prestasi - prestasi UIN SU yang Semakin JUARA, ujar Dr. Andri Soemitra, MA

Pemberian Anugerah Sayembara Jurnalistik diberikan oleh Sekjen MES Pusat Bapak Edi Setiadi didampingi Bapak Nur Hasan Murtiaji Wapemred Harian Republika / Panitia KNKS di Hotel D' Consulate Lounge Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, 4/12/19. Sayembara Jurnalistik KNKS 2019 ini diikuti sebanyak 108 peserta yang dilaksanakan selama 01 Oktober 2019 - 25 November 2019. Dalam Hal ini yang bertindak sebagai tim Dewan Juri dari Seleksi Sayembara Jurnalistik Kategori Umum (Menulis Opini) ini diantaranya Bapak Marah Sakti Siregar ( Dewan Pers), Bapak Dr. Oni Sahroni (Ahli Ekonomi Syariah / DSN MUI Pusat) , dan Bapak Taufik Hidayat (Direktur KNKS  bidang Hubungan Eksternal, Promosi dan Hukum).

Sunarji Harahap menyampaikan bahwa dari pemaparan dewan juri, seleksi sayembara jurnalistik yang pertama ini sangat sangat ketat, peserta dari bukan hanya dari Indonesia saja, tetapi dari Arab Saudi juga ikut sebagai peserta. Sunarji Harahap, Menambahkan untuk menguasai dan menggenggam dunia ini, mari kita kuasai teknologi, khususnya dalam hal literasi menulis kita mampu mempengaruhi dan mengedukasi serta mengubah minsdset orang lain melalui tulisan tulisan khususnya mengenai ekonomi syariah. Sunarji Harahap menambahkan lagi ,tentunya ini merupakan awal, yang harus terus berkarya, dalam meningkatkan literasi dalam ekonomi islam khususnya dalam menulis, membuka cakrawala dunia dan sudah menjadi tanggung jawab kita semua. Di era digitalisasi saat itu harus tumbuh generasi emas, kreatif dan inovatif sehingga menumbuhkan bakat dan keterampilan pemuda masa depan yang mampu perubahan bagi Indonesia dan Dunia, ujar Sunarji Harahap.

Bapak Taufik Hidayat selaku Direktur Komite Nasional Keuangan Syariah bidang Hubungan Eksternal, Promosi dan Hukum menyelenggarakan Sayembara Jurnalistik KNKS 2019. Setelah melalui proses penjurian, maka diselenggarakan penyerahan anugerah kepada para pemenang yangbertempat di D’Consulate Lounge Wahid Hasyim, Rabu (4/12). Sayembaraini bertujuan untuk mendorong kontribusi semua pihak dalam meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, kegiatan ini sebagai sarana menghimpun berbagai gagasan dan ide yang menjadi pendorong gerakan percepatan pengembangan ekonomidan keuangan syariah.Sayembara Jurnalistik KNKS 2019 mengangkat tema besar “Menjadikan Ekonomi dan Keuangan Syariah sebagai Pendorong Utama bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dan Dunia”, dengan beberapa tema turunan seputarekonomi dan keuangan syariah.Dipilihnya tema tersebut dalam rangka membangun kesadaran masyarakatuntuk berperan aktif dalam pengembanganekonomidan keuangan syariah, mengingatkenaikan nilai Indonesia dalam Global Islamic Economy Report (GIEI), dari peringkat 10 di 2018 menjadi peringkat 5 di 2019,salah satunya didorong dengan naiknya nilai kesadaran masyarakat tentang makanan halal dan pariwisataMuslim friendly. Taufik menambahkan  penyelenggaraan lomba jurnalistik ini dalam rangka mendorong peningkatan tingkat literasi keuangan syariah yang masih belum mengalami kenaikan signifikan, yaitu 0,83% dari 8,1% pada tahun 2016 menjadi 8,93% ditahun 2019. Penghargaan ini diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat Indonesia sehingga meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan Syariah Indonesia. Harapannya kegiatan ini dapat mendorong pencapaian visi Indonesia untuk menjadi Negara yang mandiri, makmur, dan madani dengan menjadi pusat ekonomi Syariah terkemuka di dunia. (snj)