Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2020-07-01 | Waktu : 08:53:05
YUDISIUM KE -14 FEBI : TINGKATKAN DAYA SAING DAN KOMPETENSI MEMBAWA NAMA HARUM UIN SUMATERA UTARA

Medan (FEBI UIN SU)

Untuk kali pertama FEBI UIN Sumatera Utara Medan sukses menyelenggarakan Yudisium ke – 14 secara daring , Kamis, 25 Juni 2020. Yudisium ke 14  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara Medan dengan tema “ Meningkatkan Daya Saing Alumni yang Beradaptasi di Era New Normal “ . Kegiatan dibuka lafadz Bismillahirrahmanirrahim , dan dilanjutkan dengan menyanyikan  lagu Indonesia Raya dan Mars UIN Sumatera Utara Medan, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Dr. Muhammad Arif , MA, dan doa oleh Dr. Sugianto, MA.

Laporan ketua panitia oleh Cand. Dr. Muhammad Irwan Padli Nasution, ST.,MM menyampaikan bahwa ditengah kondisi dunia pandemi covid - 19 kita melaksanakan yudisium secara daring, sebanyak 178 orang dengan rincian Program Strata III (Doktor) sebanyak  8 orang , program Magister (S2) sebanyak 15 orang, program sarjana Strata I (S-1) sebanyak 147 orang, dan program Ahli Madya ( D3) sebanyak  8 orang. Kegiatan Yudisium ke -14 secara daring melalui via zoom dan dapat diakses dengan link via youtube di https://m.youtube.com/watch?v=RQBVSbNGblE&feature=youtu.be

Cand. Dr. Muhammad Irwan Padli Nasution mengucapkan  ribuan terima kasih panitia yang telah bekerja keras dalam dua hari ini dan pimpinan dan keluarga besar FEBI dan para peserta yang turut mendukung kelancaran kegiatan yudisium ke 14 FEBI UIN Sumatera Utara. Kepada semua Alumni, semoga terus menjadi manusia unggul,  bermanfaat dan menebar kebaikan dimana pun.

Kata Sambutan sekaligus membuka acara pelantikan Yudisium ke – 14 FEBI UIN Sumatera Utara oleh Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra, MA menyampaikan  ucapkan terima kasih kepada para peserta yudisium, pemangku dan pengelola serta panitia yang telah menyiapkan  , meskipun pada masa pandemi ini di masa kondisi covid – 19 ini  memaksakan kita melakukan perubahan yang signifikan , berupa adjugment (penyesuaian) dilakukan dalam kegiatan yudisium kali ini secara daring , semoga kegiatan ini tidak mengurangi rasa khidmat kita dalam berkegiatan ,ini menjadi  upaya kita di era teknologi revolusi  industri 4, 0 mau tidak mau kita  harus menggunakan cara cara yang luar biasa, usaha kita lakukan menjadi maskimal di yudisium ini secara daring, harapannya tidak ketemu secara fisik , tetapi silaturrahmi melalui via aplikasi dapat berjalan secara khidmat pada yudisium secara daring ini. FEBI UIN Sumatera Utara Medan saat ini berusia  6 tahun , hal ini berdasarkan PMA 81 tahun 2013 disahkan menteri agama , Maka FEBI  UIN Sumatera Utara resmi berdiri dan berkiprah sampai saat ini, namun dapat dipastikan meskipun FEBI UIN Sumatera Utara masih berumur  6 tahun ,bahwa kita paham bahwa proses proses pemberdayaan dan penguatan FEBI sudah dilakukan sejak lama dan UIN Sumatera Utara  termasuk yang awal dalam mengembangkan prodi ekonomi islam sejak tahun 1990 an dan inilah yang kemudian FEBI dan UIN Sumatera telah mendapat pengakuan dan penghargaan sebagai universitas terkemuka dan terdepan serta pionir dalam pengembangan studi ekonomi syariah,  oleh karena itu FEBI UIN Sumatera Utara telah melakukan pengembangan ekonomi syariah tidak lagi rumpun ekonomi syariah, FEBI UIN Sumatera Utara  telah menyelenggarakan prodi S1 ekonomi syariah, prodi S1 perbankan syariah, prodi S1 akuntansi syariah, prodi S1 asuransi syariah,prodi S1  manajemen, D3 perbankan syariah, program magister ekonomi syariah,program perbankan syariah, dan program doktor ekonomi syariah.

Dr. Andri Soemitra menambahkan Alhamdulillah FEBI UIN Sumatera Utara dipercaya mengelola prodi ekonomi syariah mulai dari level D3, S1, S2 dan S3, saat ini dipercaya mengelola program beasiswa program doktor ekonomi syariah secara nasional dan diharapkan alumni uin su kedepan bukan hanya berasal dari medan, tetapi tercatat berasal  diseluruh wilayah nusantara,  oleh karena itu kami harapkan kepada para alumni yang mengikuti kegiatan yudisium ke 14 bahwa sesuai dengan tema yudisium kali ini dapat meningkatkan daya saing , dapat meningkatkan kompetensi dan semangat membawa nama harum UIN Sumatera Utara.

Harapan kami alumni FEBI di seluruh tingkatan / strata mampu berkarir sesuai dengan profil yang diharapkan ketika masuk ke FEBI UIN Sumatera Utara, dan mampu mengisi karir lapangan pekerjaan yang tersedia di dunia industri, dan ingat ketika nanti berkarir para alumni ketika menjadi duta, yang akan merepresentasi FEBI UIN Sumatera Utara  baik didunia industri maupun ditengah tengah masyarakat. Kami berharap seluruh alumni FEBI UIN Sumatera Utara , bisa membawa nama baik  FEBI UIN Sumatera Utara, dan memberikan uslah, memberikan contoh, keteladanan bahwa sebagai alumni kita membawa nama baik sebagai orang pintar, university  sebagai sarjana dan magister serta doktor, ujar Dr. Andri Soemitra, MA

Dr. Andri Soemitra menambahkan bahwa kita sebagai warga negara sebagai anak bangsa mempunyai kewajiban memakmurkan bangsa ini, dan sebagai seorang muslim kita dari universitas islam kita membawa pesan islam yang rahmatan lil alamin, membawa kesejukan , membawa kesejahteraan  kepada ummat sesuai misi  dengan islam yang rahmatan lil alamin. semoga yudisium  hari ini , merupakan tonggak sejarah kedepan menghantarkan para alumni menjadi orang orang sukses dan mulia , mengharumkan bangsa, FEBI, dan orang tua.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan Yudisium ke -14 oleh Wakil Dekan Bagian Akademik dan Kelembagaan oleh Dr. H. Muhammad Yafiz, MA.

Wakil Dekan I Dr. H. Muhammad Yafiz, MA menyampaikan surat keputusan Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam UIN Sumatera Utara Medan terkait yudisium ke -14, nomer : 115 tahun 2020 tentang pelantikan sarjana strata I, strata II ,strata 3 dan Ahli Madya (D3) pada  Yudisium ke 14 tahun 2020.

Dr. H. Muhammad Yafiz , MA menambahkan bahwa terdapat sebanyak 178 orang peserta Yudisium secara virtual yang tercantum pada lampiran keputusan Dekan dengan rincian Program Strata III (Doktor) sebanyak  8 orang , program Magister (S2) sebanyak 15 orang, program sarjana Strata I (S-1) sebanyak 147 orang, dan program Ahli Madya ( D3) sebanyak  8 orang. Harapannya semoga gelar dan ilmu yang diperoleh bermanfaat untuk pengabdian dan membawa keberkahan, ujar Dr. H. Muhammad Yafiz, MA.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan yudisium ke -14 FEBI UIN Sumatera Utara yang disampaikan oleh Dekan FEBI Dr. Andri Soemitra , MA, yang melantik sebanyak 178 orang dengan rincian Program Strata III (Doktor) sebanyak  8 orang , program Magister (S2) sebanyak 15 orang, program sarjana Strata I (S-1) sebanyak 147 orang, dan program Ahli Madya ( D3) sebanyak  8 orang. Kegiatan diilanjutkan dengan pembacaan peserta yudisium oleh para panitia. (snj)

#Yudisiumke14secaradaring

#FEBILUARBIASA

#UINSUMATERAUTARA