Home -> Dekan FEBI UINSU Medan

Kolom Dekan

Tanggal : 2021-04-12 | Waktu : 14:10:54

Assalamu’alaikum Wr, Wb.

Selamat datang di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (disingkat FEBI) UIN Sumatera Utara merupakan satu dari 8 (delapan) fakultas yang ada di UIN Sumatera Utara Medan dan merupakan fakultas dengan usia yang relatif masih muda. FEBI lahir setelah ditanda tanganinya Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 81 Tahun 2013 tentang Organisasi Tata Kerja IAIN Sumatera Utara pada tanggal 19 November 2013 dan selanjutnya diresmikan oleh Menteri Agama ketika itu,  bapak Surya Dharma Ali, pada tanggal 14 Desember 2013 bersama dengan beberapa FEBI lainnya di Makasar.

FEBI dipercaya untuk mengembangkan pendidikan ekonomi dan bisnis berdasarkan nilai-nilai Islam secara inetegratif dengan paradigma Wahdatul Ulum. Saat ini, FEBI membuka dan mengelola sejumlah program studi yaitu; Ekonomi Islam (S1), Akuntansi Syariah (S1), Perbankan Syariah (S1), Asuransi Syariah (S1), Manajemen (S1), Magister Ekonomi Syariah (S2), Magister Perbankan Syariah (S2), dan Doktor Ekonomi Syariah (S3).

Adapaun Visi yang diusung oleh FEBI adalah ”Masyarakat Pembelajar yang Unggul dalam Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Masyarakat di Bidang Ekonomi dan Bisnis Islam di Asia Tenggara tahun 2039”. Dengan visi tersebut, FEBI mentasbihkan keunggulannya pada pengembangan ilmu ekonomi berbasis ke-Islaman dan ke-Indonesiaan. Dengan keunggulan tersebut, FEBI juga diharapkan dapat membentuk sarjana Muslim yang Ulul Albâb, cendekiawan yang ulama, menjadi ekonom yang menguasai bidang ilmunya serta memiliki kepampuan operasional dalam pemberdayaan lembaga dan masyarakat, mampu menganalisis dan memecahkan masalah di tengah masyarakat sehingga bermanfaat bagi kemajuan Indonesia dan umat manusia.

Demikian dan Terima Kasih

Wassalamualaikum Wr, Wb.